Monday, December 10, 2012

Tiga Tujuan Mencari ilmu/ Mengaji

Sering kita dengar dalam ceramah bahwa kewajiban orang Islam adalah mengaji. Namun barangkali yang  perlu kita fahami bersama  adalah tujuan apa yang kita dapat dari hasil mengaji. Barangkali ada beberapa hal yang kita dapat dari hasil mengaji.

1. Menggugurkan kewajiban
Dengan mengaji maka gugurlah kewajiban seorang muslim karena memang mengaji itu merupakan kewajiban setiap orang yang islam. Berdasarkan sabda yang pernah disampaikan Rasululloh: “Mencari ilmu itu wajib bagi setiap orang yang Islam” (HR.Ibnu Majah)

2. Amalan menjadi syah
Alloh berfirman dalam Al-Qur’an : “Janganlah engkau mengerjakan amalan yang tidak kau ketahui ilmunya, karena pendengaran, penglihatan dan hati akan ditanya dari setiap amalan yang dikerjakan” (Qs. Al-Isro 36)
Artinya  bahwa Alloh itu tidak menghendaki suatu amalan lahir dari ro'yu nya, pemikirannya sendiri. Ketika itu dikerjakan dengan pemikirannya mak amalan itu menjadi tidak syah. Bahwa amalan dalam Islam itu harus terhindar dari Bid'ah, Syirik, Khurofat dan Takhayul. Ini bisa terlaksana apabila seseorang mau mengaji Quran dan Hadist sebagai sunnah dari Rosululloh SAW.

3. Menghilangkan kebodohan 
Hukum sebab akibat berlaku dalam hal mencari ilmu/ mengaji. Dengan mengaji seseorang menjadi mengerti mana yang benar dan salah, mengerti mana yang halal dan haram, mengerti mana yang haq dan bathil, mengerti batas mahrom, mengerti cara nya beribadah yang benar. Tetapi dengan tidak mengaji maka seseorang menjadi bodoh (agama nya) sehingga ibadah yang dikerjakan hanya ikut-ikutan dan mengikuti amalan yang dilaksanakan oleh umumnya manusia karena tidak mengetahui ilmu nya.

No comments:

Post a Comment